Surat Al Mulk Beserta Artinya

Surat Al Mulk adalah surat ke-67 dalam Al-Qur’an yang terdiri dari 30 ayat. Surat Al Mulk berisi tentang dzikir, tasbih, tahmid, dan tahlil serta menyebutkan tentang alam makhluk dan kemuliaan Tuhan. Surat Al Mulk dipimpin oleh Allah SWT untuk mengingatkan manusia agar rajin beribadah, bersyukur, dan berakhlak mulia.

Surat Al Mulk telah diturunkan pada masa Nabi Muhammad SAW, sehingga berarti surat ini termasuk surat Madaniyyah. Di dalam surat Al Mulk Allah SWT menyebut tentang kemuliaan dan kekuasaanNya, serta memperingatkan manusia dari adzab yang pedih di hari Kiamat.

Ayat-ayat Surat Al Mulk Beserta Artinya

Ayat pertama surat Al Mulk adalah; “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang” (QS. Al Mulk: 1). Artinya, Allah Maha Pemurah dan Maha Penyayang, semua yang Dia lakukan pasti untuk kebaikan semua makhlukNya.

Ayat kedua surat Al Mulk adalah; “Dialah Yang menjadikan maut dan hidup untuk menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya” (QS. Al Mulk: 2). Artinya, Allah telah memberikan kehidupan dan kematian untuk menguji manusia, mana di antara mereka yang memiliki amal yang lebih baik.

Ayat ketiga surat Al Mulk adalah; “Dan Dialah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu” (QS. Al Mulk: 2). Artinya, Allah SWT adalah Maha Kuasa atas semua sesuatu yang ada di alam semesta ini.

Ayat keempat surat Al Mulk adalah; “Dia-lah yang menciptakan langit tanpa tiang, lalu duduk di atas Arasy, dan Dia-lah yang menyebarkan bumi” (QS. Al Mulk: 3). Artinya, Allah SWT adalah yang menciptakan langit tanpa tiang, Dia duduk di atas Arasy, dan Dia yang menyebarkan bumi.

Ayat kelima surat Al Mulk adalah; “Dan Dia-lah yang menghimpunkan air dan Dia-lah yang menghidupkan makhluk dari air” (QS. Al Mulk: 4). Artinya, Allah SWT adalah yang menghimpunkan air dan menghidupkan makhluk dari air tersebut.

Ayat keenam surat Al Mulk adalah; “Dan Dia-lah yang menghidupkan kedua-dua matahari dan bulan, Dia menetapkan perjalanan, masing-masing” (QS. Al Mulk: 5). Artinya, Allah SWT adalah yang menghidupkan kedua-dua matahari dan bulan, dan menetapkan perjalanan mereka masing-masing.

Ayat ketujuh surat Al Mulk adalah; “Dan Dia-lah yang menciptakan bintang-bintang untuk melayani kamu” (QS. Al Mulk: 6). Artinya, Allah SWT adalah yang menciptakan bintang-bintang untuk melayani manusia.

Ayat kedelapan surat Al Mulk adalah; “Sesungguhnya Dia-lah yang melepaskan dari sengsara dan kesukaran, dan Dia-lah yang menjadikan kamu pemimpin-pemimpin” (QS. Al Mulk: 7). Artinya, Allah SWT adalah yang melepaskan manusia dari kesulitan dan kesengsaraan, dan menjadikan mereka pemimpin-pemimpin.

Ayat kesembilan surat Al Mulk adalah; “Dan Dia-lah yang menaburkan hujan, lalu Dia menghidupkan bumi yang mati setelah kematiannya” (QS. Al Mulk: 11). Artinya, Allah SWT adalah yang menaburkan hujan dan menghidupkan bumi yang mati setelah kematiannya.

Ayat kesepuluh surat Al Mulk adalah; “Dan Dia-lah yang menciptakan semua makhluk, lalu Dia menunjukkan jalan yang lurus” (QS. Al Mulk: 17). Artinya, Allah SWT adalah yang menciptakan semua makhluk dan menunjukkan jalan yang lurus.

Kesimpulan

Surat Al Mulk adalah surat ke-67 dalam Al-Qur’an yang terdiri dari 30 ayat. Di dalam surat Al Mulk Allah SWT menyebut tentang kemuliaan dan kekuasaanNya, serta memperingatkan manusia dari adzab yang pedih di hari Kiamat. Surat Al Mulk berisi tentang dzikir, tasbih, tahmid, dan tahlil serta menyebutkan tentang alam makhluk dan kemuliaan Tuhan. Dengan membaca surat Al Mulk, kita dapat mengingatkan kita akan kebesaran Allah SWT, dan berusaha untuk beribadah dengan ikhlas agar kita mendapatkan ridha Allah SWT.